Ads (728x90)

Osteoporosis (keropos tulang) merupakan salah satu jenis penyakit degeneratif. Penyakit-penyakit degeneratif umumnya disebabkan oleh kurang aktivitas ataupun kurang berolahraga, serta tyidak cukupnya kebutuhan nutrisi yang berimbang atau karena sistem penyerapan nutrisi yang tidak sempurna oleh tubuh.

Setiap hari kita mengkonsumsi berbagai asupan gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, dan berbagai mineral serta vitamin melalui makanan. Namun sebagian zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh tidak dapat kita serap dengan baik. Ada berbagai hal yang membuat nutrisi tidak terserap dengan baik, misalnya karena suasana keasaman dalam saluran pencernaan yang kurang sesuai.

Masyarakat Indonesia sudah cukup lama akrab dengan kemangi. Daunnya disa dihidangkan langsung untuk lalapan bersama mentimun, terung, dan sambal. Biji, akar, batang, daun, hingga bunganya dapat berfungsi sebagai obat tradisional, salah satunya untuk menjaga kesehatan tulang.

Mengatasi Osteoporosis dengan Lalapan Kemangi

Karakteristik Bahan Aktif Kemangi
Kemangi merupakan spesies tumbuhan bunga berbibir yang tergolong ke dalam famili Labiatae. Tinggi pohonnya sekitar 60 cm dengan kontur batang yang halus. Daunya terdapat pada setiap ujung batang, berbentuk oval dan berlekuk pada permukaan bagian bawah dengan ukuran kecil. Kemangi merupakan spesies tumbuhan tropis yang memiliki aroma wewangian khas. Bagian tumbuhannya yang digunakan untuk khasiat ini adalah bagian daunnya.

Khasiat Kemangi
  • Kemangi dapat dikonsumsi langsung sebagai lalapan sayur ataupun dengan cara meminum air rebusannya. Khasiat daun kemangi dapat memelihara kepadatan massa tulang dengan asupan mineral kalsiumnya yang dikonsumsi sejak dini secara rutin.
  • Kandungan kimia daun kemangi meliputi; (I)mineral kalsium, (II)senyawa timol, (III)eugenol, (IV)metil kavikol, (V)sitral etil sinamat, (VI)genariol, (VII)linalool.

Penggunaan Kemangi
  1. Siapkan 20-25 helai daun kemangi yang berwarna hijau, cuci bersih, lalu rebus dalam 1 liter air suam selama 15 menit.
  2. Pisahkan daun kemangi yang telah direbus, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk diminum secara langsung.
  3. Lakukan teknik ini secarateratur untuk mendapatkan khasiat yang diinginkan.
  4. Jika Anda memilih untuk mengkonsumsinya secara langsung sebagai lalapan sayur, pastikan daun kemangi yang Anda makan tercuci bersih dan bebas parasit.

Catatan :
Hindari suhu yang terlalu tinggi saat merebus daun kemangi karena dapat merusak mineral kalsium yang terkandung didalamnya. Perhatikan juga lama pemanasan agar tidak lebih dari 15 menit.

Posting Komentar