Ads (728x90)

Jika rasa gatal berlebihan menyerang daerah intim Anda, waspadai segera! Apakah ini gejala keputihan? Keputihan (fluor albus/ pek tay) merupakan keluarnya lendir yang berlebihan di daerah vagina yang menyebabkan rasa gatal dan aroma tidak sedap. Sebenarnya, keputihan merupakan gejala normal biologis atau pun efek hormonal saat menjelang menstruasi atau pada masa-masa subur. Kelenjar didalam vagina dan leher rahim memang secara normal mengeluarkan sedikit cairan jernih atau berwarna atau keputihan yang tidak beraroma. Cairan ini kemudian mengalir keluar dari vagina setiap hari, membawa sel-sel mati yang semula yang menempel dibagian dalam vagina. Secara fisiologis, hal ini merupakan cara alami menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan vagina. Namun perlu dicermati lebih jauh karena efek gangguan nya dapat terjadi pada alat kelamin dalam wanita tersebut akibat infeksi kuman seperti fungsi dan bakteri. Infeksi kuman biasanya ditandai dengan rasa gatal dan efek panas sangat mengganggu (vaginitis) akibat keluarnya lendir kental berwarna putih seperti keju atau pun berwarna kehijauan dengan volume berlebihan. Akibatnya, daerah sekitar vulva terasa nyeri, terlebih saat berkemih dan saat melakukan hubungan seks.

Sirih (Piper Betie)

Sirih merupakan spesies tumbuhan obat daerah tropis yang tergolong kedalam famili Piperaceae. Pohonnya tumbuh menjalar dan dapat memanjat pada batang pokok di sekelilingnya. Daun nya membentuk agak mujur dengan ukuran panjang 10-15 cm dan lebar sekitar 8-12 cm. Sirih mengandung zat aromatik yang beraroma hangat dan pedas.

Daun Sirih (Piper Betie) Cara Alami Mengatasi Keputihan pada Wanita
Daun Sirih (Piper Betie)

Khasiat dan Bahan Aktif Daun Sirih (Piper Betie) :
  • Daun sirih telah berabad-abad dikenal sebagai tanaman obat berkhasiat antiseptik (fungisida dan bakterisida) dengan kandungan fenol yang berdaya kerja lima kali lebih aktif dibandingkan senyawa fenol biasa.
  • Komposisi bahan aktifnya terdiri dari eugenol (sebagai antiseptik untuk membasmi Candida albicans), terpena (beraroma pedas), kalsium nitrat, tanin (mengurangi sekresi cairan vagina), dan gula.

Cara Penggunaan Daun Sirih (Piper Betie) Secara Praktis
a. Teknik Dengan Cara Direbus
  • Siapkan 12 helai daun sirih yang berwarna hijau, lalu rebus dalam 1 liter air suam.
  • Pisahkan daun sirih yang telah direbus, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh vagina.
  • Gunakan secara teratur khasiat nya yang dapat menghilangkan gatal, bau, dan merapatkan kembali vagina dapat segera dirasakan.
b. Teknik Berendam/ Mandi :
  • Siapkan 12-15 helai daun sirih yang berwarna hijau, lalu rebus dalam 1 liter air suam.
  • Tuang air rebusan sirih tersebut kedalam bak rendam (bth up) atau bak mandi Anda.
  • Gunakan untuk mandi secara teratur (minimal 7 hari) untuk membersihkan vagina hingga rasa gatal dan keputihan akan hilang.
  • Teknik berendam ini tentu saja tidak dilakukan pada saat haid.
c. Teknik Semprot:
  • Siapkan 10 lembar daun sirih segar namun cukup tua (berwarna hijau).
  • Rebus daun sirih tersebut dalam 400 ml air hingga mendidih.
  • Diamkan beberapa saat hingga tidak terlalu panas (cukup hangat) agar tidak mengiritasi daerah vagina saat penggunaan.
  • Siapkan botol semprot plastik berukuran 500 ml yang telah di sterilkan atau di bilas air panas. Lalu tuangkan air daun sirih yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Gunakan pada daerah liang vagina dengan cara menyemprotkan nya secara perlahan.
  • Penggunaan secara teratur dapat mengoptimalkan khasiatnya.

PERHATIKAN :
Dianjurkan untuk melakukan teknik pembasuhan vagina ini dengan takaran sari daun sirih yang minimun. Jika terlalu pekat, dapat diencerkan seperlunya agar tidak mudah mengiritasi selaput vagina yang sensitif.
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Posting Komentar